Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Memiliki tubuh yang bugar, segar serta bersemangat setiap harinya merupakan dambaan setiap orang khususnya para pemuda. Dengan tubuh yang bugar serta sehat, kita dapat melakukan berbagai aktivitas yang kita mau, baik itu bersenang-senang ataupun melakukan kegiatan yang produktif. Hasil yang didapatkan pun akan maksimal jika kita melakukan suatu aktivitas dengan keadaan tubuh yang bugar serta dengan hati yang sedang ceria. Namun, semakin menumpuknya aktivitas serta agenda yang harus kita kerjakan membuat tubuh semakin lelah dan letih.

Tubuh memiliki batas maksimal intensitas melakukan suatu kegiatan secara terus menerus. Namun ada beberapa orang yang memiliki batas yang rendah atau dengan kata lain lebih cepat lelah untuk melakukan suatu kegiatan. Hal ini menunjukkan tubuh orang tersebut tidak dalam kondisi yang bugar. Ada 2 faktor yang mempengaruhi kebugaran tubuh seseorang, yaitu faktor jasmani serta faktor rohani. Faktor jasmani lebih dipengaruhi oleh fisik, apakah orang tersebut dalam keadaan sehat atau terserang penyakit. Apakah orang tersebut memakan makanan yang memenuhi nutrisi yang baik atau tidak. Sedangkan faktor rohani lebih dipengaruhi oleh kondisi orang tersebut. Apakah orang tersebut dalam kondisi senang atau sedih. Apakah orang tersebut dalam kondisi bersemangat ataupun sedang malas.

Pola Hidup Yang Buruk

Gaya hidup yang buruk serta pola makan yang tidak beraturan juga dapat mempengaruhi serta menurunkan kebugaran tubuh pada seseorang. Kebiasaan memakan makanan yang instan dan tidak sehat akan mengurangi kualitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga tubuhnya kekurangan nutrisi yang baik. Pola tidur yang tidak menentu atau kekurangan tidur juga menyebabkan tubuh mengalami kekurangan istirahat dan kelelahan sehingga tingkat kebugaran tubuh yang optimal tidak bisa tercapai. Ada beberapa tips yang patut Anda coba untuk menjaga dan mengembalikan kebugaran tubuh Anda hingga mencapai titik yang optimal. Informasinya ada di bawah ini.

Cara Menjaga Kebugaran Tubuh

  • Makan makanan yang berserat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam menjaga stabilitas dan kebugaran tubuh. Serat berfungsi sebagai ‘pelicin’ saluran pencernaan sehingga proses metabolisme dan pengeluaran kotoran hasil metabolisme berjalan dengan lancar. Kotoran hasil metabolisme yang tidak segera dikeluarkan akan mengganggu proses metabolisme itu sendiri. Hal ini dapat menurunkan tingkat kebugaran pada tubuh seseorang. Terdapat beberapa makanan yang memiliki serat yang cukup tinggi, di antaranya adalah buah kiwi, kacang merah, buah alpukat, jagung, buncis, kacang polong, oatmeal serta gandum utuh.Jenis Makanan Musuh Kolesterol mungkin bisa jadi salah satu referensi anda.

  • Sarapan sebelum jam 9

Sarapan merupakan awal yang penting untuk memulai hari kita dan menjaga agar tubuh kita menjadi lebih bugar di awal hari. Kebiasaan untuk tidak sarapan di pagi hari merupakan kebiasaan yang tidak baik. Karena tubuh dipaksa bekerja keras tanpa asupan nutrisi di pagi harinya sehingga tubuh akan sering lelah dan menjadi tidak bugar. Para ahli sepakat waktu terbaik untuk sarapan adalah sebelum jam 9 pagi. Sarapan mensuplai 15 hingga 30 persen dari nutrisi serta energi yang dibutuhkan setiap hari. Selain itu, sarapan juga dapat mencegah obesitas dan kolesterol yang berlebih.

  • Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang baik dan cukup yang didapatkan dari asupan makanan. Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang biasa disebut dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Asupan makanan yang disebut dengan 4 sehat 5 sempurna adalah nasi sebagai sumber karbohidrat dan energi, lauk pauk sebagai sumber protein, sayur sebagai sumber mineral dan serat dan buah sebagai sumber vitamin. Setelah itu ditambah dengan susu sebagai penyempurnaan kebutuhan nutrisi tubuh dan sebagai sumber energi dan kalsium untuk tulang kita.

  • Hindari kebiasaan terlalu sering memakan makanan instan

Makanan instan memang memiliki rasa yang nikmat dan sangat mudah serta praktis dalam hal penyajian. Namun dibalik semua kemudahan tersebut, makanan instan menyimpan bahaya yang sangat besar. Makanan instan sangat erat hubungannya dengan bahan pengawet. Sering kali bahan pengawet yang digunakan merupakan bahan pengawet sintetis, dalam kata lain bahan pengawet yang tidak alami. Bahan pengawet ini akan mengendap lama di dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan metabolisme dan dapat menyebabkan kerusakan hati karena bahan pengawet ini bersifat toksik. Makanan instan juga memiliki kandungan penyedap rasa sintetis yang sangat banyak. Penyedap rasa ini atau biasa disebut MSG memiliki dampak yang buruk terhadap perkembangan otak serta peningkatan kecerdasan seseorang.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan minuman yang paling sehat. Kebutuhan terhadap air putih tiap harinya yaitu minimal mencapai satu setengah liter atau sama dengan 8 gelas. Air putih sangat dibutuhkan dengan beberapa tujuan dan fungsi. Air putih berfungsi sebagai pelicin saluran pencernaan agar makanan dengan lancar dapat bergerak dan proses metabolisme menjadi lebih lancar. Air putih juga berfungsi dalam mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, air putih merupakan media yang sangat tepat dalam menstabilkan suhu tubuh akibat aktivitas yang terlalu padat atau pun cuaca yang terlalu panas. Hal ini disebabkan karena air merupakan penyimpan panas yang baik

  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara rutin dan teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda kembali. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat dan melelahkan, cukup dengan beberapa menit asalkan rutin dilakukan akan berdampak baik pada kebugaran tubuh Anda.

Demikian beberapa informasi mengenai tips bagaimana menjaga tubuh agar tetap bugar dan bersemangat. Mudah bukan? Kuncinya adalah Anda tetap konsisten dalam menjalankan beberapa tips di atas.