Makanan Sahabat Bagi Pembuluh Darah

Bagaimana kondisi kesehatan Anda hari ini? Ya, kesehatan adalah suatu anugerah yang tak ternilai harganya. Banyak orang yang mengeluarkan uang yang sangat banyak hanya untuk kembali sehat atau bertambah sehat. Bersyukurlah Anda yang hari ini masih diberi kesehatan yang prima dengan cara menjaga kesehatan setiap saat. Namun terkadang penyakit datang dari arah yang tidak terduga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit melanda suatu tubuh.

Faktor tersebut dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh imunitas dan kekebalan tubuh serta genetik tubuh untuk menghalau segala penyakit. Sedangkan faktor eksternal lebih dipengaruhi oleh lingkungan serta asupan makanan. Celakanya banyak orang saat ini sangat mengabaikan apa yang mereka makan serta intensitas waktu mereka makan. Seperti yang kita sudah ketahui sebelumnya, asupan makanan akan diproses pada sistem pencernaan dan akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Nah, informasi kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai  kesehatan dari pembuluh darah serta makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dari pembuluh darah.

Pembuluh darah kita bisa dianalogikan sebagai jalan tolnya distribusi nutrisi serta oksigen yang akan disebarkan ke seluruh tubuh. Kondisi kesehatan dari pembuluh darah akan mempengaruhi secara langsung distribusi dari nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini juga berdampak langsung pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gangguan yang sering terjadi pada pembuluh darah yaitu tersumbatnya atau tidak lancarnya sirkulasi darah.

Hal ini disebabkan karena terdapat penumpukan plak serta kolesterol pada dinding-dinding pembuluh darah. Pola makan yang tidak sehat merupakan faktor utama yang menyebabkan tingkat kesehatan pembuluh darah menurun. Makan makanan yang terlalu banyak mengandung garam, penyedap rasa, lemak serta kolesterol merupakan salah satu penyebab utamanya. Dampak lanjutan dari tersumbat atau tidak lancarnya sirkulasi darah pada pembuluh darah adalah peningkatan tekanan darah yang biasa kita kenal dengan tekanan darah tinggi. Dampak yang lebih berbahaya lagi adalah peningkatan potensi terjadinya stroke, yang merupakan pecahnya pembuluh darah di otak yang sering kali diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi.

Ada beberapa cara untuk menjaga pembuluh darah kita agar tetap sehat. Cara yang pertama adalah rutin melakukan olahraga serta lakukan pemijatan secara terjadwal. Cara yang kedua adalah mengkonsumsi makanan yang menjadi ‘sahabat’ dari pembuluh darah. Nutrisi yang baik akan menyebabkan tingkat kesehatan dan kelancaran pembuluh darah kita menjadi meningkat. Ada beberapa nutrisi serta makanan yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Berikut di bawah ini untuk informasi lengkapnya seperti yang sudah kami rangkuman untuk Anda.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Pembuluh Darah

  • Niacin atau Vitamin B3

Vitamin B3 banyak ditemukan di buah-buahan serta sayur-sayuran. Vitamin B3 dapat menurunkan tingkat kolesterol yang ada pada pembuluh darah Anda serta dapat memperlancar sirkulasi aliran darah. Menurut World’s Healthiest Food, buah yang mengandung vitamin B3 terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol pembuluh darah secara signifikan. Salah satu buah-buahan yang mengandung vitamin B3 adalah buah alpukat.

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat sering dijumpai pada banyak buah-buahan, khususnya buah yang memiliki rasa yang masam. Bisa dibilang vitamin ini merupakan obat bagi berbagai jenis penyakit. Vitamin C juga merupakan zat yang mampu memperlancar sirkulasi peredaran darah pada tubuh.

  • Serat

Serat sangat sering ditemukan pada sayur-sayuran. Serat berfungi sebagai memperlancar saluran pencernaan kita. Selain itu serat juga dapat mengisi lambung sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama, sehingga kita tidak makan terlalu banyak. Hal ini dapat mengurangi kadar kolesterol yang masuk ke dalam pembuluh darah Anda.

Beberapa Makanan  Yang Baik Untuk Pembuluh Darah

  • Gandum utuh

Makanan yang berbahan dasar gandum utuh seperti roti serta oatmeal mengandung serat larut yang sangat tinggi. Serat dapat membersihkan pembuluh darah dari kolesterol serta mendorongnya hingga keluar dari dalam tubuh. Gandum utuh juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta potensi serangan jantung.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa dibilang sebagai camilan yang baik untuk kesehatan jantung. Untuk kacang almond sendiri, kacang jenis ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh, serat serta Vitamin E yang sangat berperan aktif dalam menghilangkan penyumbat pada pembuluh darah. Menurut AHC atau biasa disebut American Heart Association, lemak jenis ini bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh dan menurunkan potensi penyakit stroke dan jantung.

  • Alpukat

Pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di negara Meksiko, menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi alpukat setiap hari selama satu minggu dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam pembuluh darah hingga mencapai 17 persen. Alpukat juga sebagai sumber lemak tak jenuh yang baik.

  • Kopi

Menurut beberapa researcher di Belanda, meminum kopi sebanyak 2 cangkir namun tak lebih dari 4 cangkir sehari selama kurun waktu 13 tahun mempunyai potensi risiko terkena sakit jantung kisaran 20% lebih rendah dari pada orang yang meminum kopi kurang dari 2 cangkir atau lebih dari 4 cangkir. Kafein merupakan agen stimulan yang bisa memicu peningkatan tekanan darah secara sementara saja. Tetapi jika kopi dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan detak jantung yang cenderung tidak beraturan.

  • Semangka

Buah semangka ternyata bisa membantu melindungi dan mempertahankan kesehatan jantung Anda. Pada sebuah studi yang dilakukan di FSU atau biasa disebut sebagai Florida State University, mereka berhasil menemukan bahwa orang yang diberi sekitar 4000 mg suplemen L-citrulline (L-citruline adalah kandungan asam amino yang ada pada semangka) akan mengalami tekanan darah mereka turun hanya dalam kurun waktu sekitar enam minggu saja. Para researcher mengemukakan bahwa L-citruline atau asam amino yang ada pada semangka ini ternyata dapat membantu tubuh dalam untuk produksi oksida nitrat. Hal ini dapat membantu proses dalam pelebaran pembuluh darah.

Sehingga sirkulasi darah dalam pembuluh darah menjadi lebih lancar serta mengurangi potensi penyakit jantung serta stroke.

Demikian beberapa informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan pembuluh darah serta nutrisi dan makanan apa yang menjadi ‘sahabat’ bagi kesehatan pembuluh darah dalam tubuh. Menjaga pola makan serta memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh merupakan kunci dalam menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.