Jenis Makanan Musuh Kolesterol

Halo pembaca sekalian, apakah Anda seorang pecinta kuliner? Nah mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati. Kebiasaan memakan makanan dengan jumlah yang besar ditambah lagi makanan tersebut tidak sehat akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang tentunya tidak Anda ingin kan itu terjadi pada diri Anda. Salah satu penyakit yang sering terjadi yang berkaitan dengan aktivitas mengonsumsi makanan berlebih serta makanan yang tidak sehat adalah Kolesterol.

Lalu apa yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol merupakan proses akumulasi atau pengendapan lemak atau sejenis minyak pada dinding-dinding pembuluh darah. Segala lemak dari apa yang Anda makan akan disebarluaskan oleh darah melalui pembuluh darah. Nah jika kadar lemak yang Anda konsumsi tidak wajar alias melebihi apa yang dianjurkan oleh praktisi kesehatan, makan lemak-lemak tersebut akan menempel serta tertimbun di dinding pembuluh darah.

Setelah kita mengetahui apa itu kolesterol, hal yang mesti kita lakukan adalah khawatir. Apakah kolesterol memiliki dampak turunan? Salah satu dampak lanjutan dari kolesterol adalah peningkatan potensi darah tinggi. Seperti yang kita sudah ketahui sebelumnya, penimbunan lemak di dinding-dinding pembuluh darah menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Rongga-rongga yang menjadi jalur lalulintas darah pun menjadi lebih kecil dan sempit.  Hal ini dapat meningkatkan potensi darah tinggi. Dampak lanjutan dari kolesterol adalah juga terjadi peningkatan potensi terjadinya stroke. Hal ini disebabkan tidak mampunya pembuluh darah menahan beban tekanan darah yang tinggi akibat penimbunan lemak di dinding pembuluh darah dan risiko terbesar dari kolesterol adalah bisa menyebabkan kematian. Mengerikan sekali bukan?

Nah mulai sekarang mungkin Anda harus memperhatikan intensitas serta apa yang Anda makan. Makanan yang sehat serta alami akan membantu Anda dalam menurunkan tingkat kolesterol Anda. Terdapat dua jenis makanan yang dapat membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol yang Anda alami. Makanan tersebut adalah buah-buahan serta sayur-sayuran. Mengapa buah-buahan serta sayur-sayuran dapat menurunkan tingkat kolesterol yang Anda miliki? Untuk informasi lebih lanjut simak beberapa informasi di bawah ini.

Menurunkan Kolesterol Dengan Mengonsumsi Buah-Buahan

Salah satu jenis makanan yang memiliki potensi sangat besar dalam menurunkan tingkat kolesterol Anda adalah buah-buahan. Buah-buahan termasuk makanan yang aman dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak yang tidak banyak serta alami, dengan kata lain buah-buahan termasuk ke dalam golongan makanan yang alami. Buah-buahan juga mengandung beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang dapat menekan tingkat kolesterol pada tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan pada buah-buahan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol.

  • Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang paling banyak ditemukan terkandung pada buah-buahan. Serat dapat mengisi lambung serta dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga merupakan salah satu zat yang dapat membantu Anda dalam berdiet serta menurunkan tingkat kolesterol yang Anda miliki.  Selain itu, serat juga dapat membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan karena serat dapat membuat alur pencernaan menjadi lebih lancar. Beberapa buah-buahan yang mengandung serat adalah pir, beri, kesemek serta beberapa buah-buahan yang memiliki rasa masam.

  • Vitamin B3 atau Niacin

Zat lain yang banyak terkandung dalam buah-buahan adalah vitamin B3. Vitamin B3 atau sering disebut dengan niacin merupakan salah satu nutrisi yang mampu menekan tingkat kolesterol yang ada dalam tubuh Anda. World’s Healthiest Food menjelaskan bahwa buah yang mengandung zat vitamin B3 terbukti dapat menurunkan serta menekan tingkat kolesterol pada tubuh secara signifikan. Buah yang mengandung  vitamin B3 adalah alpukat.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat sering dijumpai pada setiap buah, khususnya buah yang memiliki rasa masam. Vitamin C merupakan salah satu zat yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, vitamin C dapat membantu Anda dalam menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang mampu dalam mencegah radikal bebas. Vitamin C juga ampuh dalam menghambat terjadinya proses oksidasi pada kolesterol. Beberapa buah-buahan yang mengandung Vitamin C adalah buah jeruk, kiwi, beri, jambu, nanas, cerry, apel, mangga, anggur dan masih banyak lagi.

  • Vitamin E

Salah satu jenis vitamin ini kerap kali dihubungkan dengan proses metabolisme serta kesehatan kulit. Namun ternyata vitamin E juga bisa menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi secara alami. Disampaikan oleh Livestrongm, vitamin E yang diperoleh dari berbagai jenis buah dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Hal ini berbanding terbalik dengan konsep kolesterol yang merupakan penimbunan lemak pada pembuluh darah. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa vitamin E dapat menurunkan tingkat kolesterol dan dapat menurunkan potensi stroke serta serangan jantung.

Menurunkan Kolesterol Dengan Mengonsumsi Sayur-Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayur-sayuran merupakan jenis makanan yang tergolong sangat sehat dan alami. Sayuran mengandung berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bisa dibilang, sayur-sayuran merupakan obat alami dari berbagai macam penyakit. Sayur-sayuran juga dapat menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan sayur-sayuran mengandung banyak serat, vitamin serta anti oksida yang berperan dalam menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Berikut di bawah ini merupakan beberapa jenis sayuran yang dapat menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.

  • Kentang

Salah satu jenis sayuran yang mampu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi adalah kentang. Hal ini disebabkan karena kentang mengandung vitamin B3 serta serat yang berperan dalam menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Disarankan untuk memakan kentang dalam kondisi yang benar-benar segar dan dalam bentuk alaminya. Memakan kentang dalam bentuk butter atau krim justru akan menyumbang lemak jenuh pada tubuh kita.

  • Wortel

Dari warnanya saja kita sudah bisa menilai bahwa sayuran ini termasuk ke dalam makanan yang sehat. Wortel sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga tidak menyumbang sedikit pun kolesterol dalam tubuh. Wortel juga membantu proses pencegahan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan arteriosklerosis. Menurut Arizona College of Agriculture, kandungan dalam wortel sangat ampuh dalam mengikat kolesterol berlebih dalam tubuh.

  • Jagung

Mengonsumsi jagung merupakan salah satu metode diet yang tetap nikmat dijalani. Rasanya yang nikmat tidak mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya. Jenis sayuran ini pun diketahui sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat menurunkan tingkat kolesterol berlebih dalam tubuh. Bahkan setelah jagung diolah menjadi bentuk lain, jagung tetap dapat menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.

Demikian beberapa informasi mengenai kolesterol serta 2 jenis makanan yang terbukti sangat ampuh dalam menurunkan tingkat kolesterol yang sangat tinggi. Anda cukup mengonsumsi sayur serta buah-buahan di atas secara rutin maka Anda akan terbebas dari ancaman kolesterol tinggi yang sangat mengerikan. Selamat mencoba.